PRESS RELEASE

Kantor Advokat HB & Partners Attorney at Law

“ Membuka Posko Pengaduan Hukum Pelarangan Cadar oleh Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN SUNAN KALIJAGA) “

 

 

Assalammualaikum Wr. Wb.

Salam hormat,

Telah membaca pemberitaan diberbagai media online nasional terkait kebijakan Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang akan melakukan pelarangan pemakaian CADAR bagi mahasiswi dikampus tersebut. Dengan sanksi apabila tidak mengikuti kebijakan pelarangan CADAR yang akan dibuatkan Rektor, maka mahasiswi tersebut akan di keluarkan dari UIN KALIJAGA YOGYAKARTA.

Maka dengan ini, kami selaku Advokat ingin mengingatkan Kepada Bapak Prof Yudian Wahyudi selaku Rektor UIN Kalijaga Yogyakarta yang kami hormati, dengan point-point sebagai berikut :

  1. Bahwa kebijakan pelarangan CADAR tersebut nantinya, tidak memiliki dasar hukum yang kuat, dan kemudian akan melanggar hak konstitusional mahasiswi tersebut, sebagaimana diatur dalam Pasal 28C Jo. Pasal 29 ayat (1) dan ayat (2), UUD 1945.
  2. Bahwa kebjiakan pelarangan CADAR tersebut juga akan melanggar Pasal 28I ayat (2) UUD 1945 yang mengatur setiap orang berhak bebas dari perlakukan yang bersifat diskriminatif.
  3. Bahwa kebijakan pelarangan CADAR tersebut juga akan melanggar Pasal 12 UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, yang mengatur bahwa setiap orang berhak untuk memperoleh pendidikan.
  4. Bahwa dikarenakan UIN Kalijaga Yogyakarta adalah kampus negeri/publik, yang tidak terlepas dari perwujudan kewajiban negara dalam hal ini pemerintah untuk mencerdaskan bangsa. Maka secara hukum Pemerintah c.q UIN Kalijaga Yogyakarta wajib dan bertanggung jawab menghormati, melindungi, menegakkan,dan memajukan hak asasi manusia yang diatur baik dalam UUD 1945 dan UU Nomor 29 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia.

 Dengan demikian kesempatan yang di ridhai Allah Swt ini.  Kami selaku Advokat pada Kantor Advokat HB & Partners Attorney at Law yang berkedudukan di Yogyakarta secara resmi membuka “posko pengaduan hukum bagi mahasiswi” yang akan menjadi korban kebijakan Rektor terkait pelarangan CADAR di UIN Kalijaga Yogyakarta.

 

Wasalammualaikum Wr.Wb.

Hormat,

Advokat

HASRUL BUAMONA,S.H., M.H

Leave a Reply