Ongkos perjalanan dari Ambon – Jakarta saat ini hampir sama dengan dari Jakarta – Amsterdam, sehingga orang Maluku yang mau ada keperluan ke Jawa sudah sama seperti pergi ke luar negeri. Kasihan mereka yag butuh transportasi cepat. Ini sudah berlangsung lama, hingga 4x lipat dari harga normal. Bahkan warga dari Aceh ramai-ramai bikin Paspor untuk lebih dulu ke Kuala Lumpur, Malaysia baru kemudian melanjutkan perjalanan ke wilayah lain di Indonesia. Meraka cari alternatif yang kreatif. Sementara dari Maluku tidak bisa bikin cara yang sama dengan Aceh, karena tak ada akses penerbangan langsung ke negara lain untuk sekedar transit. Untuk itu sebagai bentuk kritik, Beta Kreatif meluncurkan ‘Paspor’ Maluku. Paspor ini sebagai bentuk pertanyaan kritis, apakah Maluku masih di NKRI?

Sebuah satire simbolik dan kritik-kreatif. Negara ini sudah terlalu lama dikelola dengan perspektif orang-orang yang tinggal di Jawa, di daerah daratan luas, yang kerap tidak mengerti dan tidak merasakan kesulitan orang-orang yang tinggal di wilayah kepulauan seperti kita di Maluku ini.

Harga tiket ini bukan hanya soal bisnis, tapi soal keadilan, disitulah butuh campur tangan pemerintah/negara, butuh tindakan afirmatif. Coba lihat, orang mau berobat, mau melayat, mau urus surat-surat atau dokument lainnya, jadi terkendala soal ini. Sementara di Jawa ada alternatif transportasi lain untuk bepergian, ada mobil lewat tol, ada kereta yang nyaman, karena semua akses terhubung lewat daratan.

Bandingkan dengan di Kepulauan Maluku misalanya, Mereka yang dari Kei, Saumlaki, Wetar, Aru, Leti, Moa, Lakor, Geser, Ambalau, dll, untuk ke Ambon, ibu kota provinsi saja sulit, lama dan sengsara, apalagi kalau musim ombak. Kasus tiket pesawat yang tak adil ini hanya ujung dari setumpuk ketidakadilan selama ini. Padahal adil itu sudah harus dimulai sejak dari pikiran.

Kritik dengan kreatif…

M. Ikhsan Tualeka

(Share biar viral, pemerintah harus lebih peduli…) #betakreatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *